Review Buku: Bidadari Tak Suci

Assalamu'alaikum semuanya, selamat pagi, sore dan malam sesuai dengan waktu teman-teman membaca tulisan saya ini :D.


Oke, kali ini saya akan menuliskan review buku novel "Bidadari Tak Suci" yang ditulis oleh Fissilmi Hamida. Buku ini diterbitkan oleh Nea Publishing pada tahun 2020. Buku yang saya baca ini merupakan cetakan yang ke-3 dengan jumlah 320 halaman. Tidak begitu tebal bagi kamu yang menyukai membaca buku. Oke langsung saja masuk ke bagian review buku.


Review buku (saya menggunakan bahasa bebas agar tidak terkena coppyright, namun tidak jauh dari isi buku yang sebenarnya)

Kembang Mayang namanya, seorang gadis yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga. Pekerjaan yang merupakan sumber penghasilan utama ini Ia gunakan untuk membantuk mencukupi kebutuhan orang tuanya di desa. Namun malang tak dapat dihindar, kejadian yang menyakitkan menimpanya, sehingga memaksanya untuk kembali ke kampung halaman dengan berbadan dua.


Seluruh warga, tua muda mencemooh, memojokkan, menganggap Ia pendosa yang hina, bahkan tak segan-segan melukainya. Orang tua Mayang pun tak menerima keadaan sang anak yang telah mencoreng kehormatan mereka. Pun ketika Mayang mengaji, hinaan demi hinaan Ia terima. Ia yang tidak suci dianggap tidak pantas untuk mengaji lagi. Dan akhirnya seorang ketua RT beserta istrinya dengan suka rela dan senang hati menyediakan tempat tinggal untuk Mayang. Mereka menganggap Mayang anak mereka sendiri, tersebab anak mereka merupakan teman bermain Mayang saat kecil.


Semua orang di desa penasaran siapa ayah dari si jabang bayi yang dikandung oleh Mayang. Sampai kemudian tibalah waktu kelahiran. Seorang bayi tampan dengan mata kehijauan dan rambut keemasan membuat geger warga desa. Oleh pak RT bayi mungil itu diberi nama Seno Aji. Seluruh warga penasaran bagaimana rupa dari bayi bule tersebut. Mereka yang semula datang mengecam, kini mereka ngantri untuk melihat wajah tampan anak Mayang.


Demi melihat tampang sang bayi, gunjingan warga desa kian menjadi. Pak RT pun meminta warga desa untuk berkumpul di balai desa. Ia ingin menjelasan kepada warga desa siapa ayah dari sang bayi sebenarnya. Hal yang harus Ia lakukan, agar Mayang bisa terlepas dari prasangka dan kejahatan warga.


Setelah semua warga berkumpul, Pak RT mulai menjelaskan asal usul dari sang bayi yang ternyata merupakan anak hasil dari korban pem******. Semua warga kini bersimpati dan iba, meminta maaf atas apa yang mereka lakuan, termasuk kedua orang tua Mayang yang kemudian bisa menerimanya dengan rasa simpati serta rasa sedih yang tak terkira.


Oscar William Dexter merupakan majikan yang telah melakukan pem****** itu. Tersebab pengaruh alkohol yang Ia minum, Ia mengira jika Mayang yang saat itu mencoba pakaiaan pemberian Clara, merupakan istrinya. Sehingga terjadilah hal yang memilukan.


Menjadi buruh di sawah Mayang lakukan demi mencukupi kebutuhan sang anak yang kini sudah beranjak besar. Namun pekerjaan itu ternyata tidak mencukupi kebutuhan untuk keluarganya. Hingga akhirnya Ia menerima tawaran untuk bekerja sebagai pembantu kembali di Jogja. Ia akan bekerja menemani sang majikan yang lumpuh tidak bisa berjalan.


Alexander merupakan majikan baru Mayang yang lumpuh akibat kecelakaan. Lara sang majian kian besar akibat kehilangan sang istri dan anak sekaligus dalam kecelakaan tersebut. Hal yang membuat Ia terpuruk dengan keadaan. Semangat hidupnya kian redup.


Beberapa bulan setelah bekerja di majikan baru, Seno Aji ingin mampir ke tempat kerja sang ibu. Pak RT dan sang istri yang ingin mengunjungi anak mereka yang kuliah di Jogja ingin mengajak Seno serta untuk bertemu dengan ibunya. Sebagai seorang majikan yang telah kehilangan anak, kehadiran Seno ternyata mampu mengobati sedikit rasa sepi yang Alexander rasakan. Seno dan Alexander kemudain saling menyanyangi, termasuk kini Alexander mulai menyimpan rasa dengan Mayang.


Bagaimana ending dari cerita ini? Apakah Mayang akan menikah dengan Alexander ataukah malah menikah dengan Oscar? Teman-teman bisa membaca langsung bukunya ya.


PoV


Menurut saya novel ini recomended untuk dibaca. Bagi kamu yang suka membaca novel, judul buku ini bisa masuk dalam list buku yang akan dibaca. Buku ini sangat menarik, bahkan saya menamatkan buku ini kurang dari 12 jam:D.


Maaf saya tidak mereview sampai tuntas. Semoga spoiler tentang buku ini akan menambah rasa penasaran teman-teman tentang buku sebenarnya yang sangat jauh lebih lengkap, lebih baik, dan lebih mendebarkan jika dibandingkan dengan sinopsis yang 'seuprit' ini. 


Membaca buku secara langsung merupakan cara kita menghargai penulis. Penulis yang telah menuangkan ide, gagasan, waktu, tenaga dan semuanya yang membuat tulisan ini hadir di tangan kita. Agar para penulis lebih semangat dalam berkarya yang karyanya bisa dinimati oleh masyarat pembaca.
Jika teman-teman ingin membeli bukunya, bisa langsung pesan melalui instagram Neapublishing. Happy reading.

This Is The Newest Post

Terima kasih atas komentar dan masukkannya :)
EmoticonEmoticon